Jumat, 29 Juli 2011

Sejarah Musik Rock

Psychedelic rock atau rock psychedelic adalah salah satu aliran di dalam musik rock yang mulai berkembang sekitar pertengahan tahun 1960-an dan mencapai puncaknya pada sekitar akhir tahun 1960-an. Setelahnya, perkembangan musik ini sendiri mulai menurun.

Pada sekitar akhir tahun 1970-an, musik psychedelic rock telah berkembang sedemikian rupa.  Pada masa tersebut musik psychedelic rock memiliki banyak varian di dalam musiknya yang dikenal dengan nama neo-psychedelia. Beberapa band atau musisi terkenal yang banyak menghasilkan karya musik pychedelia di antaranya The Beatles, The Rolling Stones, Jimi Hendrix, The Doors, Pink Floyd, dan Janis Joplin.

Psychedelia rock pertama kali muncul dan berkembang di Inggris pada sekitar tahun 1960-an dari kultur hippies. Pada masa itu banyak musisi rock dan folk mencoba bereksperimen dengan menggunakan obat-obatan terlarang untuk mencari inspirasi dalam kegiatan bermusiknya.

Dalam kalangan musisi psychedelia, jenis narkoba yang paling umum dan populer digunakan adalah narkoba jenis LSD yang membuat pemakainya mengalami halusinasi-halusinasi. Anggota-angota The Beatles mulai mencoba menggunakan LSD sebagai bahan eksperimen dalam musiknya pada sekitar tahun 1965, dan ada beberapa lagunya yang bernuansa psychedelia, seperti Norwegian Wood dan Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band. 

Perkembangan psychedelic rock di Amerika tidak sepesat perkembangan musik psychedelia di Inggris, sehingga pengaruh musik psychedelic rock yang berasal dari musisi-musisi Amerika banyak yang kurang dikenal. Selain itu, pada perkembangannya di Amerika, penggunaan obat-obatan terlarang lebih merupakan bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah Amerika atas kebijakannya mengikuti perang di Vietnam, yang dilakukan oleh para pemuda Amerika yang dikenal dengan istilah flower generations. Mungkin salah satu band yang mengusung musik psychedelic rock yang berasal dari Amerika dan banyak dikenal serta sukses secara komersial hanyalah The Doors.

Musik psychedelic rock ini mulai mengalami penurunan pada akhir dekade 60-an, di mana pada tahun 1966 dibuat suatu peraturan di mana penggunaan LSD adalah ilegal di Amerika maupun Inggris  Kasus pembunuhan terhadap Sharon Tate serta Leno dan Rosemary LaBianca yang dilakukan oleh Charles Manson, yang disebut-sebut terinspirasi oleh lagu The Beatles seperti Helter Skelter, dianggap merupakan serangan terhadap kaum anti-hippie. Pada akhir tahun tersebut, di Altamont Free Concert, terjadi penusukan terhadap remaja kulit hitam Meredith Hunter oleh pihak keamanan Hells Angels.

Penurunan musik psychedelic rock ini juga diperparah dengan musisi-musisi yang menjadi leading figures musik ini yang menjadi korban obat-obatan terlarang. Sebut saja Brian Wilson dari The Beach Boys, Brian Jones dari Rolling Stones, Peter Green dari Fleetwood Marc, dan Syd Barrett dari Pink Floyd. Pada tahun 1970-an, penurunan musik psychedelia rock ini berlanjut dengan bubarnya The Beatles secara tidak resmi, kematian Jimi Hendrix pada bulan September 1970, meninggalnya Janis Joplin karena overdosis heroin pada bulan Oktober 1970, dan juga Jim Morrison dari The Doors pada bulan Juli 1971 di Paris. (*)


http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=9&jd=Sekilas+Tentang+Psychedelic+Rock&dn=20110414212901

1 komentar:

  1. Kira2 karya saya ini masuk ke psychedelic ga?? :)
    https://soundcloud.com/awang-blackdog-1

    BalasHapus